Jakarta – Manusia sejatinya tak bisa hidup tanpa makan dan minum apapun. Namun seorang wanita di Ethiopia masih hidup dan terlihat segar meski mengaku tak makan dan minum apapun selama 16 tahun terakhir.

Beberapa orang di dunia ini jadi sorotan lantaran pola makannya yang ekstrem. Misalnya hanya makan satu jenis makanan selama hidupnya atau membatasi asupan makanan dengan begitu ketat.

Sedikit berbeda, wanita di Ethiopia bernama Muluwork Ambaw mengabarkan dirinya hidup dengan kondisi jauh lebih ekstrem. Selama 16 tahun terakhir ia mengatakan tidak makan dan minum apapun.

Mengutip Oddity Central (13/5/2024), Ambaw mengaku suatu hari ketika ia berusia 10 tahun, nafsu makannya hilang tiba-tiba. Ia pun akhirnya tidak mengasup apapun.

Namun Ambaw dilaporkan memiliki kehidupan yang normal. Ia tampak seperti orang sehat dan memiliki banyak energi untuk melakukan tugas sehari-hari, termasuk masak untuk orang lain dan menjalankan berbagai aktivitas.

Wanita 26 tahun itu telah menjalani beberapa tes kesehatan di Ethiopia. Namun tidak ada pihak yang dapat memastikan apakah klaimnya tidak makan dan minum selama 16 tahun terakhir benar atau tidak.

Meski begitu, seorang dokter di sebuah rumah sakit di Addis Ababa mengonfirmasi bahwa tidak ada bukti adanya makanan di ususnya pada saat pemeriksaan. Kondisi ini seolah menunjukkan kalau Ambaw memang tidak pernah mengasup apa-apa.

Kisah Ambaw belakangan viral usai dikunjungi vlogger terkenal Amerika Serikat, Drew Binsky. Ia mendatangi Ambaw langsung usai mendengar ceritanya saat mengunjungi Ethiopia.
Wanita Ini Ngaku Tidak Makan dan Minum Apapun Selama 16 Tahun, Kok Bisa?Dokter yang memeriksa kondisi Ambaw tidak menemukan makanan apapun di ususnya.

Video Drew Binsky seketika viral, tapi momen ini bukan kali pertama kisah Ambaw menjadi perbincangan hangat. Ambaw pertama kali menarik perhatian pada 2016, ketika rumor seorang gadis bisa bertahan hidup tanpa makan atau minum menyebar di kampung halamannya.

Tak lama kemudian, para jurnalis dan reporter TV berkumpul di desa kecilnya untuk mendokumentasikan kasus aneh yang dialaminya.

Ambaw mengaku masih ingat kapan terakhir kali makanan melewati bibirnya. Makanan terakhirnya adalah kacang lentil merah yang direbus dengan injera, hidangan khas Ethiopia.

Setelah itu nafsu makannya hilang begitu saja. Pada awalnya, dia berbohong kepada keluarganya bahwa dia telah makan, tapi dia akhirnya harus mengatakan yang sebenarnya kepada mereka.

“Saya dulu tinggal bersama keluarga, dan mereka meminta saya untuk sarapan dan pergi ke sekolah. Saya bilang sudah makan, tapi saya berpura-pura. Saya kehilangan nafsu makan terhadap air atau makanan apa pun,” kenang Ambaw.

Wanita Ini Ngaku Tidak Makan dan Minum Apapun Selama 16 Tahun, Kok Bisa?Meski tidak makan dan minum, Ambaw mengaku kesehatannya tak terdampak. Foto: YouTube Drew Binsky

Dari kondisinya ini, Ambaw mengatakan tidak perlu menggunakan toilet selama hidup. Sebab memang tidak ada asupan makanan dan minuman yang perlu dikeluarkan. Ia hanya perlu ke toilet untuk mandi.

Pada tahun 2021, blog berita Ethiopia, Borkena, mengumumkan bahwa Perdana Menteri negara tersebut telah mengetahui kondisi Ambaw. Ia pun telah mengatur agar Ambaw diperiksa oleh dokter di Dubai. Namun tak diketahui hasilnya.

Terbaru, dalam wawancaranya bersama Drew Binsky, Ambaw mengklaim bahwa dokter tidak menemukan ada yang salah dengan dirinya, meskipun dia tidak menyebutkan apakah mereka terus memantaunya untuk melihat apakah dia benar-benar dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air.

“Saya tidak punya apa-apa untuk dikatakan. Itu takdir Tuhan dan saya terima saja,” tutup Muluwork Ambau. (sc detik.com)

By admin

Leave a Reply