Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) merespons tegas soal viral seorang penumpang pria meraba-raba paha penumpang wanita yang duduk sebelahnya. Pelaku pelecehan seksual itu di-blacklist KAI.

EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto mengatakan sikap tegas KAI ini agar memberikan efek jera kepada pelaku pelecehan seksual. Sekaligus mencegah pelecehan seksual kembali terjadi di kemudian hari.

Asdo mengatakan pihak KAI sudah menghubungi korban untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Korban, jelas Asdo, tak berniat membawa masalah ini ke ranah hukum hanya meminta pelaku menyampaikan permohonan maaf dan berjanji tidak mengulanginya.

“KAI sama sekali tidak mentolerir kejadian tersebut dan berharap tidak ada lagi kejadian serupa terulang kembali pada berbagai layanan KAI lainnya,” tegas Asdo dalam keterangan selanjutnya.
Aksi pelecehan di kereta (KAI)Aksi pelecehan di kereta (KAI)

Berdasarkan bukti foto dan video sekaligus laporan yang diterima, KAI akan melakukan blacklist berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) milik pelaku. Dengan keputusan ini, pelaku tidak dapat menggunakan layanan KAI seumur hidup.

KAI menolak memberikan pelayanan bagi pelaku yang berbuat asusila dan melanggar etika sekaligus merendahkan martabat pelanggan lainnya, terutama perempuan.

Asdo mengatakan KAI akan meningkatkan pengawasan dan pengamanan agar tidak memberikan kesempatan bagi pelaku kejahatan.

“Semoga berbagai langkah yang KAI lakukan dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan selama menggunakan layanan KAI,” tutup Asdo.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mendukung langkah KAI melakukan blacklist kepada pelaku pelecehan seksual di kereta. Djoko yakin dengan begitu pelaku akan jera.

Video Pelecehan Viral


Dari video yang beredar seperti dilihat detikcom, Senin (20/6/2022), tampak pria yang diduga pelaku itu mengenakan celana cokelat dan jaket abu-abu. Tangan pria tersebut tampak bergerak ke arah penumpang di sebelahnya.

Perlahan, tangan itu meraba-raba paha korban. Korban sempat merekam aksi pelecehan tersebut.

Korban juga mengunggah foto tangan pelaku yang berusaha menjangkau paha korban. Pada video lainnya, terlihat pria yang diduga pelaku itu mengenakan masker berwarna putih dan kacamata.

“Awalnya kukira nggak sengaja, eh kok semakin lama makinĀ². Setiap aku gerak pasti tangannya dipindah, nggak lama balik lagi,” tulis korban lewat Twitter.

By admin

Leave a Reply