Jakarta – Pendiri Apple tak hanya Steve Jobs dan Steve Wozniak. Satu nama yang barangkali tidak begitu dikenal adalah Ron Wayne yang bersama dua sosok di atas bersama-sama memprakarsai berdirinya Apple.

Ya, pada tahun 1976, Wayne ikut bersama Jobs dan Wozniak mendirikan Apple yang kala itu masih perusahaan kecil. Namun dua minggu kemudian, Wayne menjual 10% kepemilikan sahamnya yang saat itu seharga USD 1.500 dan kembali fokus pada pekerjaan lamanya di perusahaan Atari.

Wayne rupanya merasa tidak tahan mengembangkan perusahaan dari awal. Selain itu, Wayne sudah merasa terlalu tua dan agak trauma karena pernah gagal berbisnis. Dia memang sekitar 20 tahun lebih tua dari Jobs dan Wozniak.

Wayne yang saat ini berumur 88 tahun mengaku tak menyesal meski jika dia bertahan dan tetap memegang saham di Apple, dia akan jadi salah satu orang terkaya di dunia. Pada saat ini, kapitalisasi pasar Apple di kisaran USD 2 triliun. Maka jika tidak dijual, sajam Wayne bernilai USD 200 miliar atau lebih dari Rp 2.900 triliun!

Jobs-lah yang mengundang Wayne untuk ikut mendirikan Apple dan menawarinya 10% saham kala itu. Wayne yang dewasa dipandang dapat menengahi jika terjadi pertengkaran antara Jobs dan Wozniak yang masih muda dan ambisius.

“Dia lebih memiliki mentalitas dewasa dan punya formula kuat bagaimana perusahaan berjalan,” tukas Wozniak mengenai Ron Wayne.

“Aku sangat sangat gembira berpartisipasi menjadi bagian sesuatu yang sungguh memiliki harapan sangat besar dan sesuatu yang kurasa akan menjadi sungguh-sungguh sukses,” ucap Wayne tentang partisipasinya di Apple.

“Apa aku menyesal menjual sahamku di Apple? Tidak, itulah jawabanku sejak hari pertama dan akan tetap menjadi jawabanku sampai mati,” katanya yang dikutip detikINET dari News.com.au.

Sesudah menjual sahamnya, Wayne tetap menjadi penasehat bagi Apple. Dia pernah membantu desain logo Apple kala itu. Tak heran jika Wayne begitu kehilangan kala Jobs meninggal dunia.

“Dengan begitu banyak potensi di depannya dan kreativitas besarnya, kita hanya bisa berimajinasi apa yang mungkin akan keluar dari pikirannya jika dia hidup 20 tahun lebih lama,” pungkas Ron Wayne.

By admin

Leave a Reply