Sebagai makhluk sosial, kita semua pasti berusaha untuk menerima, mencintai, dan berinteraksi secara positif dengan orang lain, kan, Beauties? Namun, terkadang justru kebisaan dan perilaku kita sendiri yang tanpa disadari membuat orang lain menjauh.

Meski terlihat sepele bagi diri sendiri, bisa jadi hal-hal kecil yang kamu lakukan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Menurut psikolog, ada wawasan unik tentang pola perilaku ini dan mengapa hal ini dapat menyebabkan hubungan kita dengan orang lain menjadi bermasalah.

Apa saja hal-hal kecil yang bisa bikin orang lain jadi nggak suka sama kita? Yuk, temukan jawabannya di sini!

Tidak Mendengarkan Secara Aktif

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Brooke Cagle
Ilustrasi/Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Menurut Ideapod, kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan orang lain tidak menyukai kamu adalah kurangnya peran sebagai pendengar yang baik. Pasalnya, setiap orang pasti ingin didengarkan dan merasa bahwa perasaannya dihargai. Di sinilah peran mendengarkan secara aktif.

Jika kamu terus menerus memeriksa ponsel selama percakapan, artinya kamu memberi isyarat kepada orang lain bahwa kamu tidak terlalu tertarik dengan apa yang mereka katakan. Hal ini dapat menimbulkan perasaan frustasi, tidak berarti, dan berakhir pada rasa tidak suka.

Terlalu Banyak Meminta Maaf

Terlalu Banyak Meminta Maaf/Foto: Freepik/Drazen Zigic

Meminta maaf mungkin terlihat sopan dan penuh perhatian, tapi terlalu sering mengatakan “maaf” bisa jadi hal yang tidak menyenangkan. Ketika kamu meminta maaf untuk setiap hal kecil atau bahkan untuk hal-hal di luar kendalimu, kamu bisa terlihat kurang percaya diri.

Jika kamu terus menerus meminta maaf, hal itu akan kehilangan maknanya, sehingga permintaan maafmu tampak kurang tulus. Misalnya, alih-alih mengucapkan maaf, kamu bisa menggantinya dengan mengungkapkan rasa terima kasih.

Tidak Menepati Janji

Tidak Menepati Janji/Foto: Freepik

Jika kamu termasuk orang yang terus menerus mengingkari janji, baik kecil maupun besar, orang lain pasti tidak akan menyukai kamu. Janji adalah salah satu bentuk kepercayaan. Ketika kamu mengatakan akan melakukan sesuatu, kemudian tidak melakukannya, ini pasti akan mengecewakan dan menghilangkan kepercayaan mereka kepadamu.

Sebaliknya, apabila kamu ingin disukai dan dipercaya oleh orang lain, tepati janjimu. Jika karena alasan tertentu kamu tidak bisa melakukannya, maka berkatalah jujur. Lebih baik jujur daripada harus merusak kepercayaan seseorang.

Cenderung Pelupa

Cenderung Pelupa/Foto: Freepik/Jcomp

Setiap orang pasti pernah mengalami momen-momen kelupaan. Misalnya, di mana kamu menaruh kunci motor atau apa yang harus kamu beli dari toko. Namun, ada jenis kelupaan tertentu yang bisa membuat orang lain salah paham, yaitu melupakan mereka.

Sebagai contoh, melupakan nama seseorang berulang kali bisa jadi sangat tidak menyenangkan. ini menunjukkan bahwa kamu tidak cukup menghargai mereka walau hanya dengan mengingat namanya. Melupakan detail penting tentang seseorang, seperti hari ulang tahunnya atau rahasianya juga bisa membuat orang lain merasa diabaikan.

Kurang Empati

Kurang Empati/Foto: Unsplash/Trung Thanh

Terakhir, kurangnya rasa empati adalah cara pasti untuk membuat orang lain tidak menyukaimu. Jika kamu kurang berempati, interaksimu dengan orang lain akan terlihat dingin dan acuh tak acuh. Kamu mungkin tampak tidak tertarik dengan perasaan atau pengalaman orang lain, sehingga membuat orang lain merasa tidak didengarkan dan tidak penting.

Selain itu, kamu juga perlu mengingat kalau semua orang ingin merasa dilihat, didengar, dan dipahami. Karena itu, cobalah melatih empati dalam interaksi agar kamu menjadi orang yang lebih disukai. (sc: beautynesia.id)

By admin

Leave a Reply