Ini Bahayanya Tidur Saat Pesawat Lepas Landas

Ini Bahayanya Tidur Saat Pesawat Lepas LandasLain kali Anda naik pesawat, baiknya jangan tidur saat pesawat lepas landas atau mendarat jika tidak ingin masalah berikut terjadi. Foto: (Thinkstock)

Jakarta, Menunggu waktu pesawat lepas landas terkadang membuat kita mengantuk, apalagi saat penerbangan pagi. Dalam hal ini Anda mungkin lebih memilih tidur. Tapi, lain kali Anda mengantuk di pesawat sebelum take-off, baiknya tahan diri Anda untuk tidak tidur.

Menurut para ahli, tidur saat pesawat lepas landas dan mendarat dapat menyebabkan implikasi kesehatan yang serius, khususnya bagi telinga Anda. Hal ini dimungkinkan karena adanya perubahan tekanan udara drastis saat pesawat naik dan turun.

Seorang ahli dari Inggris, Angela Chalmers, menjelaskan bahwa perubahan cepat di ketinggian mempengaruhi tekanan udara di telinga. Hal ini menyebabkan tabung Eustachi di dalam telinga hampa udara, sehingga membuat telinga terasa tersumbat.

“Cobalah untuk tidak tidur saat lepas landas dan mendarat karena Anda tidak akan menelan sesering ini dan ini bisa menyebabkan telinga tersumbat,” katanya, seperti dikutip dari Foxnews, Jumat (8/9/2017).

Menurut MedlinePlus, situs informasi kesehatan US National Library of Medicine, jika telinga Anda tersumbat sejumlah masalah kesehatan bisa muncul, seperti pusing, infeksi telinga, kerusakan gendang telinga, dan yang terburuk mimisan dan gangguan pendengaran.

“Dengan rutin menelan atau menguap akan membuka tabung Eustachius dan memungkinkan udara mengalir masuk atau keluar dari telinga tengah. Ini membantu menyamakan tekanan di kedua sisi gendang telinga. Jika tabung Eustachi diblokir, tekanan udara di telinga tengah berbeda dari tekanan di luar gendang telinga,” jelas MedlinePlus.

Mengunyah permen karet, minum air putih, mengisap lilin atau meniup hidung Anda adalah cara lain untuk mencegah telinga Anda tersumbat saat pesawat terbang.