Jakarta – Banyak orang mengonsumsi kopi sebagai ‘booster’ sebelum menjalani rutinitas mereka. Namun, di sisi lain tak sedikit orang juga menjauhi kopi karena tak ingin giginya berubah warna menjadi kuning.

Kondisi ini terjadi akibat senyawa dalam secangkir kopi yang menyebabkan noda pada gigi. Senyawa ini dikenal sebagai tanin. Ketika tanin menempel, senyawa ini akan meninggalkan noda berwarna kuning dan tak jarang dianggap mengganggu penampilan seseorang. Jangan khawatir, rupanya lho ada cara untuk mengatasi gigi kuning akibat minum kopi.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memperhatikan asupan kopi setiap harinya. Jangan sampai minum kopi berlebihan hingga bisa menyebabkan masalah gigi kuning dan kondisi kesehatan lain. Konsumsi kopi dalam sekali minum juga lebih disarankan daripada sedikit-sedikit tetapi dikonsumsi sepanjang hari untuk menghindari penumpukan bakteri.

Selain itu, mengurangi penggunaan krimer dan gula juga dapat membantu mencegah noda pada gigi. Keduanya bahan tersebut dapat mempercepat tumbuhnya bakteri yang bisa mengubah warna pada gigi. Jangan lupa untuk minum air putih setelah menghabiskan kopi untuk “membilas” mulut dan gigi.

Selain mengurangi krimer dan gula tambahan pada kopi, penggunaan sedotan juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi risiko munculnya noda kuning pada gigi. Tidak lupa juga untuk menggosok gigi sekitar 30 menit setelah minum kopi, serta perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat alami seperti buah dan sayur sebagai alternatif tambahan untuk membersihkan noda kuning gigi.

Cara Hilangkan Noda Kuning Gigi
Jika sudah terlanjur mengalami permasalahan noda kuning akibat kopi, beberapa cara ini dapat membantu untuk mengatasinya. Pertama, konsultasikan kondisi gigi pada tenaga medis. Dalam beberapa kasus, proses perawatan gigi kuning dapat membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter.

Cara lain yang mungkin juga bisa dilakukan adalah seperti menyikat gigi dengan baking soda dua kali dalam sebulan atau menggunakan pasta gigi pemutih. Gunakan strip pemutih secara teratur jika diperlukan.

Mengganti sikat gigi biasa menjadi elektrik juga disarankan karena memberikan lebih banyak daya pembersih pada gigi. Pastikan juga untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit. (sc :detik.com)

By admin

Leave a Reply