Jangan Dipencet, Ini Cara yang Tepat Atasi Komedo Membandel

Surabaya (beritajatim.com) – Komedo membandel sering membuat kita uring-uringan, belum lagi bekasnya akan kelihatan. Sering memencet hidung untuk mengeluarkan komedo hanya akan membuat permukaan hidung menghitam. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Seperti dikutip dari Allure, Rabu (8/9/2021) Rachel Nazarian, dokter kulit bersertifikat dari Schweiger Dermatology Group, kota New York menjelaskan komedo merupakan campuran dari minyak dan sel kulit mati yang mengendap di pori-pori khususnya di bagian hidung. Mungkin Anda Suka

“Komedo ditandai dengan pembukaan folikel rambut yang melebar, disebabkan oleh penumpukan sebum, minyak, Bakteri P. Acnes yang dapat menyebabkan jerawat hingga peradangan,” ungkap Shari Marchbein, dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi di Universitas New York. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan komedo membendel:

Scrub asam salisilat

“Jika Anda memiliki komedo, gunakan produk yang memiliki bahan utama asam salisilat,” jelas Joshua Zeichner, dokter kulit sekaligus direktur penelitian kosmetik dan klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di Kota New York. Kandungan asam salisilat tersebut berfungsi untuk menghilangkan minyak yang berlebihan serta membersihkan sel-sel kulit mati.

Cara terbaik untuk memanfaatkan kandungan asam salisilat adalah membeli scrub yang mengandung bahan efektif ini. “Kombinasi scrub yang lembut serta kandungan asam salisilat, dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih,” kata Zeichner.

Cuci muka secara teratur

Mencuci muka secara teratur dua kali sehari setelah bangun dan sebelum tidur dapat menghindari terjadinya penumpukkan minyak. Lakukan pijatan-pijatan ringan agar sisa-sisa minyak dan kotoran penyebab komedo dapat terangkat.

Jangan memencet hidung

Seperti dilansir dari Dermatology alliancetx, memencet hidung tidak membantu Anda menghilangkan komedo. Hal ini malah akan mendorong kotoran yang tidak terlihat di bawahnya lebih masuk ke dalam kulit Anda. Memencet hidung juga akan meningkatkan risiko infeksi yang lebih besar. Parahnya Anda mungkin akan melukai kulit Anda karena memencetnya terlalu sering. [rsf/esd]