Habis Olahraga, Ganti Baju! Ini Akibatnya Jika Keringat Kering di Badan

Video lesson. overweight young woman repeating exercises while watching online workout session

Segera ganti baju sehabis olahraga (Foto: iStock)

Jakarta – Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga setelah seminggu beraktivitas. Tapi, pastinya kegiatan tersebut akan membuatmu berkeringat dan pastinya menyebabkan bajumu basah.

Tapi, sebelum istirahat pastikan sudah mengganti baju ya. Jika tidak, bisa memicu timbulnya masalah kesehatan. Kok bisa?

Dikutip dari Livestrong, beristirahat setelah berolahraga dengan baju yang basah bisa membuatmu rentan mengalami masalah pada kulit, hingga memicu munculnya jerawat.

“Kelembaban pakaian yang berkeringat bisa dengan mudah menahan bakteri. Jika tidak mengganti pakaian atau mandi, bakteri itu bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat,” jelas dokter kulit di Miami dr Annie Gonzalez, MD.

Tak hanya bakteri, pakaian yang lembab karena keringat juga bisa memicu tumbuhnya jamur. Akibatnya, bisa terasa gatal dan seperti luka merah terbakar pada lipatan kulit di berbagai lipatan tubuh.

Selain masalah pada kulit, beristirahat dengan baju yang lembab pasca olahraga juga bisa meningkatkan risiko infeksi genital.

Menurut John Hopkins Medicine, beristirahat dengan menggunakan pakaian yang basah karena keringat bisa mengganggu jamur alami di area vagina atau penis. Hal itu bisa menyebabkan sensasi seperti terbakar, gatal, hingga keluar cairan.

“Tapi, jika latihannya ringan, seperti yoga atau peregangan, dan orang tersebut tidak mengeluarkan banyak keringat, kemungkinan besar mereka tidak akan dirugikan dengan tetap menggunakan pakaian yang sama,” kata Dr Gonzalez.

Untuk mencegahnya terjadi, disarankan untuk segera mandi setelah berolahraga. Tak lupa juga menggunakan pakaian yang kering dan juga bersih.