Jakarta – Google mulai membuka akses Android 15 beta untuk ponsel dan tablet non-Pixel. Perangkat buatan vendor Android lain seperti Oppo, Xiaomi, dan Vivo sudah bisa mencicipi Android versi terbaru.

Android 15 tidak membawa banyak perubahan dari segi tampilan. Tapi update kali ini membawa sejumlah fitur baru yang fokus pada keamanan dan privasi pengguna.

Salah satu fitur yang baru saja diumumkan, bersamaan dengan rilisnya Android 15 Beta 2, adalah Private Space. Fitur ini berfungsi seperti mode incognito untuk aplikasi, di mana pengguna bisa menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilihat orang lain ke tempat khusus di app drawer yang dilindungi PIN atau autentikasi biometrik.


Fitur menarik lainnya adalah opsi untuk kustomisasi getaran notifikasi yang masuk. Jadi pengguna kini bisa membedakan getaran untuk masing-masing aplikasi agar lebih mudah dikenali.

Bagi pengguna tablet dan foldable, Android 15 beta 2 juga meningkatkan multitasking di perangkat dengan layar besar. Misalnya, pengguna bisa pin taskbar di layar agar bisa berpindah aplikasi dengan lebih mudah, atau menyimpan aplikasi dalam mode split screen favoritnya untuk memudahkan akses.


Fitur-fitur Android 15 Beta 2 di atas sudah tersedia untuk ponsel dan tablet Google Pixel yang memenuhi syarat. Ponsel Android lainnya yang kebagian Android 15 beta kemungkinan akan menerima build dan fitur yang berbeda.
Daftar ponsel dan tablet yang menerima update Android 15 beta:
Google

Pixel 6
Pixel 6 Pro
Pixel 6a
Pixel 7
Pixel 7 Pro
Pixel 7a
Pixel Fold
Pixel Tablet
Pixel 8
Pixel 8 Pro
Pixel 8a

Honor

Honor Magic 6 Pro
Honor Magic V2

iQOO

iQOO 12

Lenovo

Lenovo Tab Extreme

Nothing

Nothing Phone (2a)

OnePlus

OnePlus 12
OnePlus Open

Oppo

Postingan blog Oppo tentang Android 15 beta dihapus sehingga daftar ponsel Oppo yang menerima update ini belum diketahui.
Realme

Realme 12 Pro+ 5G

Sharp

Sharp Aquos Sense8

Tecno

Tecno Camon 30 Pro 5G

Vivo

Vivo X100

Xiaomi

Xiaomi 14
Xiaomi 13T Pro
Xiaomi Pad 6S Pro 12.4

Jika ponsel Android kalian termasuk dalam daftar perangkat yang memenuhi syarat di atas, kalian bisa langsung menginstal Android 15 beta dengan mengunjungi halaman ini, pilih vendor ponsel kalian, lalu klik ‘Get the Beta’. Baca pedoman instalasi dari vendor ponsel dengan seksama dan ikuti instruksinya.

Perlu dicatat bahwa update Android 15 beta untuk ponsel non-Pixel agak sedikit rumit dan membutuhkan bootloader. Selain itu sistem operasi yang masih dalam fase beta biasanya penuh bug dan glitch yang membuat ponsel terasa kurang optimal, jadi sebaiknya tunggu versi stabilnya saja.

Android 15 masih akan melewat beberapa fase beta lagi sebelum versi stabilny dirilis. Menurut jadwal yang dibagikan Google, Android 15 versi final akan dirilis setelah Juli 2024. (sc :detik.com)

By admin

Leave a Reply